Selasa, 21 Agustus 2012

Manfaat mendengarkan Musik

sahabat Bolang suka musik kan ? ini nih manfaat ngedengerin musik .
simak baik-baik yaa ..


  1. Pembunuh rasa sakit : Musik memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa sakit melalui pelepasan endorfin yang bertindak sebagai pembunuh rasa sakit alami.  Hal ini juga dapat mengalihkan perhatian dari rasa sakit dan mendorong relaksasi.  Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nursing next, mendengarkan musik sehari-hari dapat mengurangi sakit kronis hingga 21 persen.  Studi ini juga menemukan bahwa mendengarkan musik membuat orang merasa mengendalikan rasa sakitnya, depresi berkurang, dan membuat orang merasa kurang dinonaktifkan oleh kondisi mereka.
  2. Mengurangi Stres : Stres telah dikaitkan dengan banyak penyakit, termasuk penyakit mental beberapa yang tampaknya hanya terjadi pada orang dengan tingkat stres sangat tinggi.  Dalam penelitian yang dilakukan, subyek di perdengarkan  musik setengah jam-musik menenangkan dua kali sehari selama dua minggu.  Hal ini menunjukkan pengurangan signifikan lebih besar pada tingkat stres dan kecemasan dalam study.
  3. Manfaat kardiovaskular : Mendengarkan musik bisa menenangkan jiwa dan juga membantu mengurangi denyut jantung dan tekanan darah.  Akibat dari tekanan darah rendah, juga mengurangi risiko stroke dan masalah kesehatan lainnya dari waktu ke waktu.  Dalam sebuah studi baru Italia, peneliti menemukan bahwa orang dengan hipertensi ringan (tekanan darah tinggi) yang mendengarkan musik klasik, Celtic atau India hanya 30 menit sehari selama satu bulan memiliki pengurangan yang signifikan pada tekanan darah mereka.  Musik yang baik membantu untuk menenangkan sel-sel dan jaringan yang membentuk paru-paru sehingga menurunkan pasien bernapas dan denyut jantung normal.
  4. Merangsang sel-sel otak : Penelitian telah menunjukkan bahwa musik dengan beat yang kuat dapat merangsang gelombang otak untuk beresonansi sinkron, jantung berdetak lebih cepat dan membawa konsentrasi berpikir lebih tajam serta lebih waspada.  Di sisi lain, mendengarkan musik klasik menenangkan dan meningkatkan kemampuan untuk fokus untuk waktu lebih lama dan mempromosikan keadaan tenang seperti meditasi.  Ini membawa rasa kesejahteraan dan kreativitas, perubahan berlangsung lebih lama setelah musik berhenti bermain.
  5. Meningkatkan kinerja berolahraga : Mendengarkan musik sambil berolahraga mungkin memiliki dampak yang cukup besar pada kinerja latihan Anda dan komitmen.  Musik mengalihkan perhatian Anda dalam latihan berulang-ulang sehingga perasaan kelelahan, dan kebosanan dapat dihindari.  Musik juga dapat bertindak sebagai stimulan yang dapat meningkatkan kinerja Anda.  Respirasi dan irama jantung meningkat dari musik yang dapat membantu Anda mengintensifkan latihan Anda.  Senam Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2005, mendengarkan musik sambil berolahraga berat badan peserta turun dan membantu tetap berkonsisten.
  6. Tidur nyenyak : Mendengarkan musik saat kita tidur jiwa Anda terasa dalam kondisi sehat karena menghilangkan efek stres, depresi dan kecemasan.
  7. Meningkatkan optimisme : Depresi menyebabkan orang merasa lemah, kebingungan sakit kepala, dan kehilangan konsentrasi.  Musik juga dapat digunakan untuk keadaan berpikir positif, membantu menjaga depresi.  Musik yang baik juga untuk mengingat memori bahagia atau hari yang baik.  Hal ini juga meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri.
  8. Membantu penyembuhan Kanker : Penelitian menunjukkan bahwa musik mungkin menawarkan sejumlah manfaat bagi orang-orang yang mengindap kanker.  Musik dapat mengurangi kecemasan pada pasien yang menerima terapi radiasi, serta mual dan muntah akibat kemoterapi dalam dosis tinggi.
  9. Membantu bersosialisasi : Musik adalah cara yang bagus untuk berbagi semangat yang sama dengan sesama.  Ini membantu Anda untuk bertemu orang baru, bersosialisasi dan memberikan Anda rasa memiliki.
  10. Membantu kesehatan rohani : Ada hubungan yang unik antara musik dan spiritualitas.  Menyanyi membantu orang  dalam cara berdoa dan membuat mereka merasa lebih dekat dengan Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar