Senin, 22 Oktober 2012

jenis tanaman nangka

Ada beragam jenis tanaman nangka di Indonesia, yaitu lebih dari 30 kultivar. Sedangkan di pulau Jawa terdapat lebih dari 20 kultivar. Oleh karena itu dilakukan pengelompokan tanaman nangka berdasarkan kesamaannya. Berikut beberapa macam pengelompokan tanaman nangka :
Berdasarkan sosok pohon dan ukuran buah nangka terbagi dua golongan yaitu pohon nangka buah besar dan pohon nangka buah mini

o Nangka buah besar: tinggi mencapai 20-30 m; diameter batang mencapai 80 cm dan umur mulai berbuah sekitar 5-10 tahun.
o Nangka buah kecil: tinggi mencapai 6-9 m; diameter batang mencapai 15-25 cm dan umur mulai berbuah sekitar 18-24 bulan.
Berdasarkan kondisi daging buah nangka dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:
o Nangka bubur: disebut pula sebagai khanun lamoud (thailand), vela (Srilangka) atau koozha chakka (India selatan); dengan daging buah tipis, lunak agak berserat dan membubur, beraroma keras mudah lepas dari buah, rasanya asam manis, dan berbau harum tajam.
o Nangka salak: disebut juga nangka belulang/celeng (Mal.), khanun nang (Thai), varaka (Srilangka), atau koozha pusham (India selatan); dengan daging buah tebal, keras, mengeripik, agak kering, rasa manis agak pahit, dan tak begitu harum/aromanya kurang keras
o Nangka cempedak: daging buah tipis, liat dan beraroma harum spesifik.
Dari sekian jenis varietas nangka, ada beberapa jenis varietas yang menjadi unggulan yang ditanam di Indonesia yaitu: nangka bilulang atau nangka celeng, nangka cempedak, nangka dulang, nangka kandel, nangka kunir, nangka merah, nangka salak, nangka mini, dan nangka misin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar